Sabar

Sabar adalah pilar kebahagiaan seorang hamba. Dengan kesabaran itulah seorang hamba akan terjagadari kemaksiatan, konsisten menjalankan ketaatan, dan tabah dalam menghadapi berbagai macam cobaan.

Sahabat Hijrah, pasti kita sudah sering mendengar pernyataan sekaligus pertanyaan “Sabar… Sabar… Sabar itu ada batasnya!?”

Benarkah demikian?

Jika menilik dari sudut pandang manusia, tentu wajar jika dikatakan sabar itu ada batasnya, karena manusia memang penuh keterbatasan.

Akan tetapi, lihatlah sabar dalam sudut pandang Allah! Begitu indah, begitu dahsyat. Sehingga sudah semestinya kita meniadakan batas untuk kesabaran yang kita miliki.

Berikut ini beberapa ayat Al-Quran yang memperlihatkan keutamaan sabar:

1. PAHALA TANPA BATAS

“Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas,” (QS. Az-Zumar : 10)

Jika Allah telah menjanjikan pahala tanpa batas HANYA untuk orang-orang yang bersabar, lalu mengapa kita tidak menjadi salah satu dari orang yang beruntung tersebut? Karena pahala sabar tidak ada batasannya dan tidak terbilang.

2. MENDAPAT CINTA ALLAH

Siapapun yang mengharapkan cinta Allah, harus membuktikan dirinya adalah orang yang bersabar. Karena Allah mencintai orang-orang yang memiliki sifat sabar.

“Dan, Allah mencintai orang-orang yang sabar,“
(QS. Ali Imran : 146)

Dengan demikian, kita bisa mengartikan segala cobaan yang Allah beri dalam hidup kita adalah semata-mata ‘panggilan’ agar kita mendapat cintaNya dengan cara bersabar menerima cobaan tersebut.

3. PEMBUKTIAN KEBENARAN IMAN

Orang yang mengaku beriman sudah pasti memiliki sifat sabar bersama dirinya. Itulah bukti kebenaran imannya. Sedangkan orang yang tidak sabar namun mengaku beriman, telah jelas bahwa pengakuannya itu tidak dapat dibuktikan.

“Dan, orang-orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan dan dalam peperangan, mereka itulah orang-orang yang benar (imannya), dan mereka itulah orang-orang yang bertaqwa,” (QS. Al-Baqarah : 177)

4. SEBAGAI PENYELAMAT

Allah telah menyuruh kita untuk menjadikan sabar dan shalat sebagai penolong, disebabkan Allah menyertai orang-orang yang sabar. Maka bersabarlah jika ingin memperoleh jalan keluar dari segala kesulitan yang membelit!

“Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar,” (QS. Al Baqarah : 153)

Sahabat Hijrah, bisa disimpulkan bahwa sabar itu tiada berbatas. Manusia yang tidak sabar lah yang membatasi kesabaran itu sendiri. Maka, semoga kita mendapat karunia kesabaran sehingga kita menjadi bagian orang-orang yang dicukupi pahala tanpa batas.
Aamiin Ya Robbal Alamiin

Semoga Bermanfaat

No comments:

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel