Aksi warga aceh bela Ustaz Abdul Somad


cyber2dakwah.id - Sejumlah ratusan massa yang mengatasnamakan Gerakan Umat Bela Ulama menggelar aksi damai bela Ustaz Abdul Somad (UAS) di halaman Kantor Gubernur Aceh, Kota Banda Aceh, Pada hari Jumat (23/8). Aksi massa yang terdiri dari beberapa gabungan mahasiswa, santri, dan juga ormas Islam di Banda Aceh tersebut sebagai bentuk dukungannya terhadap UAS yang dilaporkan ke polisi atas tuduhan telah menistakan salib dan patung dalam ceramahnya yang viral di media sosial saat ini.

Sebelum massa melakukan orasi secara bergantian di depan Masjid Raya Baiturrahman sekitar pukul 14.00 WIB. Sekitar 30 menit kemudian, massa bergerak menuju Kantor Gubernur Aceh dengan aksi berjalan beriringan atau longmarch.

Para peserta aksi juga ikut membawa banyak poster yang berisikan sikap protesnya mereka terhadap kejadian yang menimpa UAS dan massa meminta kepada pihak polisi untuk menghentikan proses hukum terhadap UAS. Mereka menyerukan setop kriminalisasi terhadap para guru dan ulama.

Dalam aksinya di halaman Kantor Gubernur Aceh, Dewan Syura Front Pembela Islam (FPI) Aceh, Tu Bulqaini, meminta semua pihak  untuk mengingatkan pemerintah agar segera menyelesaikan kasus tersebut secepatnya. Dia juga mengharapkan Pemerintah Aceh bisa menyampaikan aspirasi massa tersebut kepada Presiden Joko Widodo.

Ia menyebut aksi massa tersebut merupakan bentuk dari dukungan masyarakat Aceh kepada UAS. Mereka berharap jangan sampai kasus itu merusak kesatuan dan persatuan bangsa indonesia. 

"Jangan dengan kasus ini bisa memporak-poranda bangsa indonesia, karena kasus ini sudah tiga tahun ternyata ada yang ungkit-ungkit. Ini ada apa? Kita curiga, jangan-jangan ada orang yang bermain dan mengadu domba," ujarnya.

Salah seorang peserta aksi lainnya, Tgk Umar Rafsanjani,juga menyatakan jika laporan terhadap UAS tersebut tidak dihentikan juga, dikhawatikan nanti ke depannya akan ada laporan-laporan lainnya terhadap tokoh agama lain di republik ini.

Sementara itu, Juru Bicara Pemerintah Aceh, Saifullah Abdul Gani, di hadapan para massa mengatakan akan menyampaikan aspirasi para santri kepada Pelaksana Tugas Gubernur Aceh, Nova Iriansyah. Menurutnya pada dasarnya semua pihak di Aceh menginginkan kasus yang menyeret Ustaz Abdul Somad ke ranah hukum dapat segera selesai.

Sebelumnya diberitakan, Ustaz Abdul Somad dilaporkan oleh ormas Brigade Meo NTT, Forum Komunikasi Alumni (Forkoma) PMKRI dan Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Cabang Maumere karena diduga telah menistakan salib dan patung dalam ceramahnya di masjid, Sabtu (17/8). Anggota Brigade Meo, Jimy Nde,ia menganggap dan menilai khutbah UAS yang viral di media sosial itu sudah meresahkan dan mencederai umat Kristen dan Katolik di Indonesia.

No comments:

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel