Ini Keutamaan Berwudhu Sebelum Tidur

 


MEMBERSIHKAN diri dengan berwudhu sebelum tidur akan membuat tubuh menjadi rileks dan nyaman saat beristirahat. Ini salah satu sunah yang dianjurkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Tidur dalam keadaan suci akan dijaga oleh malaikat.

Berwudhu sebelum tidur juga salah satu cara terhindar dari mimpi buruk. Karena seseorang tidur dalam keadaan tak suci dan tidak berzikir, maka rentan sekali diganggu setan.

Dari Abdullah bin Umar radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang tidur dalam keadaan suci, malaikat akan bersamanya di dalam pakaiannya. Dan tidaklah ia bangun melainkan malaikat berdoa, “Ya Allah, ampunilah hamba-Mu ini karena ia tidur dalam keadaan suci.” (HR. Ibnu Hibban)

Menurut Ibnu Hajar yang dikutip dari buku ‘400 Kebiasaan Keliru dalam Hidup Muslim’ bahwa di antara hikmah wudhu sebelum tidur agar malam itu dalam keadaan suci supaya ketika kematian menjemputnya, ia dalam keadaan yang sempurna.

Pendapat Imam Nawawi bahwa hikmah berwudhu sebelum tidur yakni khawatir kalau ia meninggal pada malam tersebut.

Mengutip laman Konsultasi Syariah, Kamis (3/9/2020), bahwa Al–Hafidz Ibnu Hajar menjelaskan beberapa manfaat berwudhu sebelum tidur.

Kesucian hati lebih diutamakan daripada kesucian badan, lebih ditekankan lagi untuk orang yang sedang berhadas, terutama orang junub agar bisa kembali segar atau memicu untuk mandi. Sehingga dia bisa tidur suci dari semua hadas. Kemudian, berwudhu sebelum tidur dapat mengundang mimpi yang baik dan dijauhkan dari permainan setan ketika tidur. (Fathul Bari, 11/10)

Maka dari itu, biasakan diri untuk bersuci agar jika sewaktu – waktu Allah mengambil nyawa manusia sedang dalam keadaan suci. Selain itu, seringnya berwudhu akan membuat wajah dan anggota tubuh bercahaya.


Sumber : muslim.okezone.com

No comments:

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel